RSS

e-DDC (electronic-Dewey Decimal Classification)

e-DDC (electronic-Dewey Decimal Classification)

Artikel lama telah dihapus admin karena dianggap sudah out of date. Silakan simak artikel-artikel terkini terkait tentang e-DDC pada link berikut:
  1. e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated,
  2. Frequently Ask Questions (pertanyaan dan jawaban yang sering muncul berkenaan dengan e-DDC),
  3. Latar belakang pembuatan e-DDC,
  4. Halaman download (untuk mendownload e-DDC dan aplikasi-aplikasi lainnya).

Demikian, terima kasih.



137 komentar:

maschocho mengatakan...

nayamul...helpful dan user friendly, lebih OK kalo 'Relative Index" juga dimasukkan...apa aku yang belum nemu ya...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

Yth Maschocho:
- Terima kasih atas komennya
- Untuk e-DDC, menu "Search" adalah sebagai pengganti "Relative Index". jadi, silakan masukkan tema/kata kunci/subjek buku apa saja, dari hasil yg keluar silakan cari yang paling sesuai.
- Kalau ada subjek yg belum masuk dalam e-DDC, tolong saya kasih komen lagi di blog ini ya Mas...
- Sekali lagi terima kasih...

Anonim mengatakan...

Agus:
oke pak, teruskan saja
smg kelak ada yg menyeponsori :)

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum Pak Rot,,,
Terima kasih atas kerja kerasnya sehingga saya bisa menggunakan e-DDC tanpa kesulitan dan sangat memudahkan bagi kita-kita yang pemula di dunia perpustakaan.sebelumnya saya belajar e-DDC cara menggunakanya sehingga sekarang sudah mahir dalam menggunakan dan memudahkan buat saya. semoga ke depannya e-DDC selalu lebih baik lagi. dan terima kasih banyak

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ All: Terima kasih banyak atas masukan dan supportnya.

Semarang Atas mengatakan...

apakah kami bisa melihat performance aplikasi ini tanpa mendownload bung Rot? apakah ada pengguna aplikasi ini yg bisa bisa dicicipi calon pengguna lewat web?

Matur nuwun :p

Anonim mengatakan...

Saya seorang guru bahasa Indonesia yang juga ditugaskan mengelola perpustakaan sekolah (SMP). Pertama dikasih tahu sama mas Rotmi tentang software ini, kemudian saya coba dan ternyata memang cukup membantu pekerjaan menentukan nomor klasifikasi yang selama ini cukup membingungkan saya.
Terima kasih mas Rotmi.
(Bu Widhi SMP 2 Sukorejo)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Heri: wah, ya didownload saja dulu Bung Heri... filenya kecil kok (tapi Insya Allah gunanya besar...hehehe). Terus silakan pakai sepuasnya, free! Kalau bikin aplikasi online kan kasihan pustakawan yg tidak punya koneksi internet (apalagi yg unlimited) seperti sampeyan...hehehe. So, download saja, jangan malu2... hehehe
@ Bu Widhi: ya Bu, sama2. kapan2 saya ta ke sekolah Bu Widhi sekalian ngajari Athenaeum light spt janji saya kapan hari.

anita mengatakan...

makasih ya buat DDC nya

R. Mh. Zidni Ilman NZ mengatakan...

Tiga kata, "terima kasih banyak"

Anonim mengatakan...

@pur: thank's. file ini jelas sangat membantu.tp bisa ga di mergerkan didalam senayan?

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anita & Zidni Ilman: sama-sama... semoga e-DDC dapat bermanfaat.
@ Pur: kalau e-DDC diinstal di satu komputer dg OS Windows (XP), bisa Pak... karena saya juga sudah nyoba. Pada intinya kalau dijalankan di Windows XP dg software otomasi lainnya (Senayan, Athenaeum, LASer, dll) sejauh ini lancar2 saja. Tapi kalau di Linux sampai saat ini masih belum berhasil, maklumlah masih newbie... :D

Anonim mengatakan...

selamat mas...sangat bermanfaat bagi masyarakat, namun perlu penambahan angka notasi yang sistematis dan urut mas, bukan semata mata dari angka persepuluhan saja, untuk penggabungan tabel pembantu juga harus berhati-hati jika salah menentukan notasi bisa mendapatkan no klas yang berbeda maknanya...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: salam kenal sebelumnya. Insya Allah angka-angka notasi sistematis dan urut kok... tidak hanya persepuluhan saja. Coba sampeyan buka "content"nya. Memang kalau menggunakan Tabel Pembantu harus hati2, makanya di e-DDC itu juga saya sertakan petunjuk2 supaya tidak keliru dalam menentukan notasi. Tapi kalau akhirnya sampeyan mendapatkan kekeliruan dalam e-DDC itu, tolong saya dikabari lewat kolom comment ini. Ntar biar saya perbaiki.
Terima kasih atas komennya (Sayangnya sampeyan tdk menyebutkan nama & kota asal...)

fahrudin mengatakan...

bermanfa'at banget

Subhan mengatakan...

trims mas rotmianto, karya anda sangat berguna dan membantu saya dalam aktivitas klasifikasi buku.

sukses ya :D

Anonim mengatakan...

Saya jadi ingat, tahun 2007 ada teman yang punya ide buat semacam e-DDC ini, tapi karena banyak tugas lain akhirnya tidak jadi, ternyata skr ketemu e-DDC. terus terang sangat membantu dan manfaat, trims ya (Komarudin, STAIN Kediri)

Moh Hasbi AS mengatakan...

Manfaat banget mas. Apalagi bagi yang belum punya buku DDC. Sip bgt pokoke. Ditunggu juga update edisi22-nya. Terima kasih...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Fahrudin, Subhan, Komarudin, Hasbi: terima kasih atas support mas2 semua...

Anonim mengatakan...

wah, saya baru tahu ada e-ddc. bagus mas, lebih "halal" daripada pake ddc (cdrom) yg bajakan :p
kl boleh di upload jg slain di 4shared, yg lokal2 aja mas, secara gak semua punya akses ke 4shared karena di filter kantor, dll dll.
kalo ada yg butuh versi onlinenya, bisa menuju ke link inih http://bubl.ac.uk/index.html

Anonim mengatakan...

e-DDC...pengorbanan luar biasa untukmu Shobat!. Tentunya kerja keras untuk menghasilkan DDC dalam bentuk electronik akan sangat bermanfaat bagi pengembangan perpustakaan di Indonesia. Manfaat tersebut terutama akan sangat dirasakan bagi para pustakawan pengguna DDC baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan perguruan tinggi.

Kita ketahui bahwa titik lemah dari kebanyakan pengguna DDC adalah petunjuk dan penggunaan serta bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Karena itu perlu adanya suatu link ke google translate atau kamus freeware lainnya yang memungkinkan e-DDC tersebut bisa membantu lebih berdaya guna dalam mengatasi kelemahan tersebut. artinya perlu disediakan "translate tools" yang memungkinkan user just translate pada freeware ayang di maksud.

Tentunya kemajuan yang luar biasa ada yang mau mengorbankan waktu pikiran adan teanaga untuk membuat karya ini karena itu dibutuhkan kerjasama yang lebih untuk mengembangkan freeware e-DDC ini sehingga masukan-masukan dari para pengguna dapat teradopsi semaksimal mungkin.

Sekali lagi selamat dan sukses atas karya e-DDC ini, semoga bermanfaat untuk pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Indonesia!

Imam Yuadi
Staf Pengajar Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Universitas Airlangga

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: terima kasih atas masukannya Mas/Mbak Anonim...sayang gak menyebutkan namanya...
@ Imam Yuadi: Alhamdulillah, terima kasih juga atas masukannya yg berharga ini sobat, Insya Allah aku malah senang dan sama sekali jika ada pihak yg membantu untuk mengembangkan e-DDC supaya lebih useful lagi bagi para praktisi ilmu perpustakaan. Sukses selalu juga untukmu.

Anonim mengatakan...

Alhmdulillah akhirnya dpt juga yg saya cari2 selama ini di intrnet yg semula yg dicari @ download gratis ddc, eh trnyata yg ada e-ddcnya si Mas yg cukup ok punya, smg Allahlah yg membls kebaiknnya. Saran: bgmn klau di update versi ddc ed. 22 khususnya ttg agama islam krn hsl yg ada sgt brtolak blakng dg ed. 22 tsb. sekali lagi saya ucapkn t. ksh atas usahnya. wassalam

T. Syahbakar Umri, SE.
KTU Prpustakaan
Univ. Muhammadiyah Sum. Utara

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Yth. Bapak T. Syahbakar Umri, SE.

Alhamdulillah, terima kasih atas comment Bapak. Ya, memang e-DDC tsb masih edisi 21 dan saya juga berkeinginan untuk mengupgradenya ke edisi 22. Tapi masalah utamanya saya tidak punya edisi 22 :)... saya masih nyari-nyari pinjaman... Doakan semoga versi upgrade e-DDC bisa segera beredar Pak... Sekali lagi terima kasih masukannya.

Anonim mengatakan...

TERIMA KASIH PAK,
untuk pemula di bidang perpustakaan seperti saya,
sofware e ddc sangat lah membantu,

SELAMAT DAN SUKSES PAK

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: terima kasih juga atas commentnya... Senang sekali mengetahui e-DDC dapat berguna bagi banyak orang... Sukses selalu juga buat Anda.

Anonim mengatakan...

Mas Anto...thanks atas e-DDC, sekalipun ringkas tapi..merupakan karya cerdas, semoga Allah membalas dengan menjauhkan sampeyan dari sifat malas....

Suyadi Abu Farros mengatakan...

Good job Cak Rotmi, masih kelingan dulur Solo?
Semoga pahalanya tetap mengalir.

Aplikasi sampeyan pake .chm (help file) yah, program ini portable, tak perlu install, dicopy di folder manapun tetap bisa dibuka, termasuk di linux juga bisa kok (pake xchm).

Ide merger dari pak Pur itu bagus (istilahku bukan merger, tapi integrasi). Kata njenengan bisa, tapi mekanismenya bagaimana? copas?
Lebih joz jika integrasinya begini:
Saat add record baru atau edit record pada sim (misal senayan), di samping entri DDC ada tombol link untuk telusur DDC.
Ketika diklik, muncul jendela untuk telusur DDC sampeyan.
Setelah ketemu, ada tombol klik juga, ketika di klik entrian DDC & Subyek pada SIM otomatis terisi.
Gimana? Joz tho?

Sekian dulu... kapan2 disambung lagi.

Suyadi
UMS

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: terima kasih, same wish to you too, bro...
@ Suyadi: wah, yo jelas masih eling sama sampeyan Pak... kita dulu pernah belajar LASer & digilib sama2... Gimana kabar? Maksud saya juga begitu, cukup dibuatkan link untuk e-DDC pada saat add record... Iya, joss banget itu.. gimana kalau bikin link tsb nunggu e-DDC yg berdasarkan edisi cetak 22 saja? Kebetulan saya sudah dapat pinjaman DDC cetak edisi 22, moga2 bisa segera selesai...

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah..., well done...., jazaakallaah khair.. :-)

M. Muhtar Arifin Sholeh
Ph.D student,
Dept of Information Studies,
Univ of Sheffield, UK
Dosen di Unissula Semarang
www.dearestfriday.blogspot.com

Anonim mengatakan...

mksh pak rot buat e-ddc-nya and udah aku tularkan ke tmn2 pustakawan trutama alumni d3 perpustakaan undip. klo bs bikin software untuk buat buku indeks dunk...thanks (budi)

Beny mengatakan...

Terima kasih banyak pak Rot atas kerja kerasnya selama ini. Sangat berguna bagi saya yg lagi kuliah Perpustakaan. Gak perlu capek2 minjam ke kampus dan yg pasti gak boleh dibawa pulang. Semua teratasi dengan software ini. Sekali lagi terima kasih, pak :)

Beny, Ilmu Perpustakaan Univ. Diponegoro.

nana mengatakan...

terimakasih, ini sangat bermanfaat sekali... semoga Allah memberikan kebaikan pada orang2 yang berbagi ilmu kepada orang lain

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Pak Muhtar: Alhamdulillah, terima kasih juga Pak.... wah, lagi kuliah di Inggris ya?? Mg lekas lulus Pak, dan mengabdikan ilmu bagi kemajuan perpustakaan di Indonesia. Indonesia butuh orang2 spt Bapak..

@ Budi, Beny, Nana: terima kasih atas dukungan Anda semua... GBU too, prens....

arwendria mengatakan...

terima kasih banyak. ini sangat membantu dalam mengembangkan perpustakaan sekolah

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Arwenia: sama2... Alhamdulillah kalau e-DDC bisa berguna bg banyak orang...

Hendrawan Rosyihan mengatakan...

Salam Mas Rotmianto, saya apresiatif ats langkah positif ini, smg ke depan lebih baik lagi...

M.Cattleya mengatakan...

Terima Kasih, Pak. Karya ini telah sangat membantu, pekerjaan kita jadi lebih cepat. Berharap akan segera bisa search dgn istilah yg lebih detil, spt dinosaur, biodiversity, etc.
Sekali lagi, Terima kasih.
m.cattleya@gmail.com

POLEBOJA mengatakan...

karya bapak akan mendatangkan kemudahan bagi banyak orang. semoga allah memberikan pula kemudahan dalam mewujudkan segala impian bapak. amin

wasalam
muhammmad jasmin

himma mengatakan...

Alhamdulillah Indonesia masih memiliki orang seperti pak rotmianto... salam damai!

Bima Bijak Prasetyo mengatakan...

semoga pahala kebaikan akan terus mengalir buat cak rotmianto

doddy mengatakan...

mantab mas sudah saya gunakan

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ hendrawan, Cattleya, Paleboja,Bima: terima kasih atas support2nya. Sekedar info Insya Allah e-DDC berdasarkan DDC cetak edisi 22 akan segera saya rilis. Sekarang masih dalam tahap pengerjaan.

dheka mengatakan...

wow....
sangat amat keren sekali e-ddc ini..
e-ddc ini sangat membantu sekali dalam pekerjaan mengklasir dk.

dheka
mhs Ilmu Perpustakaan UNDIP

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Dheka: terima kasih...

Anonim mengatakan...

waahh, keren pak Rotmi,

sayang saya baru tau, soalnya lagi cari2 buat ngajar..
nggak lucu klo ngajar musti bawa DDC kmana2...
Semoga karyaini berkembang dan bermanfaat di kalangan pustakawan......

salam,

ani h.
perpust.UMM

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ani: Alhamdulillah, terima kasih telah menggunakan e-DDC, bu.. salam buat teman2 di Unmuh Malang...

ifo afiyanto mengatakan...

Udah lama di Kasih Tahu Teman Tapi Baru Sempat Download n Ternyata Contentnya Oke Banget Trimakasih Mas Rotmianto dengan e-DDCna, Salam Kenal

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ifo: terima kasih, salam kenal juga.

Anonim mengatakan...

thanks bro, semoga amal ibadah bro bisa berguna dalam dunia kepustakawana Indonesia dan mendapat pahala yang tidak pernah putus.. amiin

Anonim mengatakan...

Terimakasih...
Softwarenya sangat membantu saya mengikuti perkuliahan ilmu perpustakaan dengan baik

Bunda lala mengatakan...

nais...
kalo yang UDC-nya ada ndak pak..?

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@anonim: samiin...sama-sama
@Bunda Lala: UDC kebetulan saya belum buat...hehehe..

Anonim mengatakan...

saya menggunakan mac os, sepertinya belum support yaa.. mudah2an terus berkembang..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ anonim: kalau MAC OS bisa baca file chm, masih bisa kok gan... silakan e-ddcnya diektrak dulu di window, lalu di ambil file e-ddc.chmnya doang, dicopy di MAC barangkali bisa... aku jg blm pernah nyoba krn gak punya MAC OS... :(

Anonim mengatakan...

To. Mr. Rotmianto

Terima kasih pak dan mohon ijin untuk menggunakan software ini dalam memulai belajar perpustakaan. Semoga menjadikan pahala yang tak terputus. Amin.

Maz Giri

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: amiiiin....

Anonim mengatakan...

info yang mantap..... jempol terkirim...

semoga dapat ditingkatkan kembali.....

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@All: terima kasih atas semua dukungan dan masukan. GBU too

sutarsyah mengatakan...

alhamdulillah, kebetulan baru 1 minggu ini adik saya mengelola perpustakaan SD yang sangat minim pendanaanya, baik untuk fasilitas maupun honornya...he..he.. semoga hasil karya mas Oot ini bisa membantu dia apalagi bisa diaplikasikan pada komputer dengan spek pentium 2, karena baru itu yang dimiliki. makasih mas semoga tambah sukses terus...

salam

nana

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Nana Sutarsyah: ya, sama2...terima kasih juga telah menggunakan e-DDC Edition 22. Kritik dan masukannya saya tunggu...

Grace mengatakan...

Luar Biasa dan sangat membantu Mas, ini yang sudah lama saya cari karena saya amat tertarik dengan dunia buku dan perpustakaan namun terbatas dalam pengetahuan perpustakaan. Sekali lagi sukses dalam berkarya, God bless

Salam
Grace

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Grace: terima kasihdukungannya. GBU too

Anonim mengatakan...

susah downloadx,, bingung...-_-!!!

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: hahahaa...gimana Anda ini, lha wong donlodnya sangat gampang tinggal ikuti link tsb diatas...sdh 4000 lebih yg berhasil download. Jng kuatir, terus berusaha, semoga sukses....

Novella Astri mengatakan...

ini ga bs d windows 7 ya?
soalnya sy uda install tp kok ga bs beroperasi

Sudarsih mengatakan...

matur nuwun boz.luangin waktu buat nyusun ribuan klasifikasi. sangat ngebantu.siiiiiiiiip

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Nopel: semua versi OS windows bisa kok (mulai 98 sampai window 7), mgkin di window 7 sampeyan file unt membaca .chmnya ada yg corrupt. cb instal di komputer lain dulu..soalnya sy juga pakai window 7 n e-DDCnya lancar2 saja tuh... @ Deglenx: oke jg gan, thanx atas supportnya...GBU too

Rievantino Picture mengatakan...

mas yang ddc khusus islam kapan jadi. butuh nih..
thanks

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Rievan: hehehe...iyo mas, masih macet tuh...belum tak betulkan...sdh lama yaaaa...

Jeffry17 mengatakan...

Thanks bangget Gan atas e-DDC nya, sangat membantu kami yg dipelosok ini..semoga akan terus berguna demi mencerdaskan bangsa. Sukses Gan..GBU..!!

dinna mengatakan...

makasih banyak pak, insya Allah sangat bermanfaat :)

erna mengatakan...

terimakasih.... lanjutkan kreatifitas anda

reijutzu mengatakan...

Hatur nuhun...sy ijin download dulu...^_^

daldiri mengatakan...

mas ddc yg khusus islam kl bs yg sesuai dg kep brsama mentri agama dan mentri penddk & kebudayaan RI no. 159 th 87 dan nomor 054 C/U/1987 ttg adaptasi dan perluasan ddc seksi islam .tks

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@Daldiri: pada e-DDC edition 22 insya Allah sudah sesuai dg Kep Menteri sbgmn sampyan sebutkan diatas, tapi tentu saja tidak semua nomor saya masukkan karena harus menyesuaikannya dg nomor klas berdasarkan DDC cetak 22. bagaimanapun (insyaAllah) hanya e-DDC edition 22 ini satu2nya sistem klasifikasi yg mengakomodasi penomoran Agama Islam berdasarkan nomor dasar 297 dan/atau 2X0 (koreksi kalau saya salah), tinggal memilih salah satu sesuai keperluan. btw, terima kasih masukannya ;)

B.Mustafa Digital Library mengatakan...

Salut sekali dengan usaha dan niat baik rekan Rotmianto. Sangat userfriendly. Patut diberi penghargaan atas usaha ini.
Hal lain yang perlu saya beri komentar, adalah bahwa konten DDC (maksudnya notasi2 dan juga tabel2nya) adalah haknya LoC (Library of Congress). Untuk menerjemahkannya ke bahasa lain, sesungguhnya perlu ijin dari LoC. Moga2 ini tidak menjadi masalah. Moga2 alasannya bisa diterima dan dimaafkan. Karena bagaimana pun konten DDC itu milik mereka. Memang Rekan Rotmianto mungkin hanya mengkonversinya ke media lain (elektronik)
Anyway, saya hanya sekedar mengingatkan. Bagaimana pun ini suatu usaha dan karya yang sangat baik dan bermanfaat bagi banyak perpustakaan. Bravo. Salam. Mustafa Bogor

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ B. Mustafa: hehehe...iya Pak, mmg sy jg sempat kepikiran ttg hak cipta itu, maka dari itu e-DDC sy jadikan free semata2 untuk mbantu memudahkan pustakawan di Indonesia. dlm hal ini moga2 OCLC sebagai pemegang copyright DDC bisa mengerti... :)

andri pitoko mengatakan...

trima kasih buat mas rotmianto...
ijin download yach...
dengan e-DDC ini akan sangat membantu saya yang masih awam dalam mengelola perpustakaan...
semoga berkah kebaikannya selalu melimpah...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Andri: ya mas...sama2...amiiin

Huda El Ahmadi mengatakan...

Thanks alot for the aplication... Sangat membantu!!! meskipun mendownload nya dengan jaringan yang amat lemot!! :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Huda: sama2 mas...selamat berjuang, smg sukses sll :)

Bejok mengatakan...

Alhamdulillah, aku lagi mau belajar cara pengelolaan perpustakaan
semoga banyak manfaatnya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bejok: Alhamdulillah..semangat berkarya n semoga sukses mengemban tugas mulia sbg pustakawan :)

Setyo Budi mengatakan...

Terima kasih banyak Mas Rotmianto, E-DDCnya sangat membantu sekali.
Mas request AACR versi indonesia dong Mas :D

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Setyo budi: hehehe...insya Allah kalau ada yg minjami AACR ya kubuatkan..tp skrng ini lg fokus ke upgrade e-DDC edition 23 (NB: sama, kalau ada yg minjami DDC 23 versi cetaknya dulu baru bisa buat...:P)

Anonim mengatakan...

thanks mas.... ini yg slama ini aq cari... smoga mdptkan balasan pahala yg berlimpah... lemah teles mas...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: sama2, terimakasih jg telah mendownload e-DDC. GBU too :)

ery mengatakan...

sangat membantu,makasih banyak

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ery: sama2 :)

panitia syukuran mengatakan...

keren, mudah2an berguna, apalagi bagi calon pustakawan ini jadi basic gun kita he..he..thanks bro !!

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Panitia syukuran:...sama2 gan. :)

Harrytur mengatakan...

Dear mas/Bp Rotmianto,

Saya sangat membutuhkan e-DDC ini, sayangnya link untuk mengunduhnya sudah mati.

Mohon diberi alamat link pengunduhan yang baru, atau kirim ke: univpm at yahoo dot com

Terima kasih sebelumnya.

M, Amiruddin Dardiri mengatakan...

Terima kasih banyak mas Rotmianto,, semoga menjadi amal jariyah anda, sangat bermanfaat.

M. Amiruddin D, Pustakawan Perpustakaan PP.Wali Songo Ngabar.
www.jendelaazamy.blogspot.com

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Harrytur: linknya masih bisa kok pak.. di http://www.4shared.com/file/mzHMy3AY/e-DDC.html
btw skalian sy kirim via email

@ M. Amiruddin: sama2, Ust.. :D

M7 Bandung mengatakan...

Sudah hampir 2 tahun saya menggunakan ini, sangat berterima kasih kepada bang Rotmianto....Jazakkallohu Khoiron Katsiron

CATATANKU mengatakan...

Mas mau ijin download tapi linknya udah valid ... Mohon xlo ada link yang baru dikabari ke email saya : indrawatianik@gmail.com ... Trimakasih banyak

Anonim mengatakan...

setelah di install lalu saya buka ko ga bisa ya mas, tulisannya begini "C:program files\e-DDC\e-DDc Edition 22\e-DDC editon 22.chm is not a valid win32 application"
itu kenapa ya mas?
makasih

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ M7 Bandung: amiin, sama2 mas bro :)
@ Catatanku/Indrawati: link sudah sy perbaiki, tp biar amannya skalian sy kirim via email.smg berguna :)
@ Anonim: berarti OS window di komputer smpyn agak trouble mas bro, shg gak bs mbaca file .chm... cb smpyan instal di komputer lain insya Allah bisa :)

Muhammad Miftahul Ulum mengatakan...

Terima Kasih Pak, ini saya sedang mulai menata dan mengklasifikasikan buku-buku di kamar saya. Terima Kasih.. ^^

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Miftahul: sama2 Pak :)

Harry T. Yani Achsan mengatakan...

Sangat membantu penelitian saya pak, terima kasih banyak.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Harry T. Yani: sama2, Pak..semoga sukses penelitiannya di NZ :)

Mety mengatakan...

Pak, bisakah diemailkan ke saya e-ddcnya? krn komputer saya td bs akses ke situs2 download macam 4shared n mediafire, trims
email saya: m3ty.dwi@gmail.com

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Mety: sdh, silakan lht emailnya, periksa jg brngkl masuk ke spam

agoes mengatakan...

Minta izin download gan,
Terimakasih.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Agoes: sama2, Gan :D

Anonim mengatakan...

sy sudah menggunakan aplikasi ini, mudah dan cepat. menurut informasi yg sy dptkan dr arpusda, kode untuk bahasa dan sastra indonesia harus dirubah menjadi 499 dan 899, bagaimana juga ttg peraturan ttg nama pengarang yg tidak dibalik. teri masih atas jawabannya.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ anonim: sayang skl Anda tdk menyertakan nama terang & asal, tapi tak apalah sy jawab:

1. untuk nomor bahasa Indonesia TIDAK ADA KEHARUSAN untuk menggunakan nomor 410 atau 499.221, demikian juga untuk sastra Indonesia TIDAK ADA KEHARUSAN untuk menggunakan nomor 810 atau 899.221 karena dua-duanya ADA DASAR HUKUMNYA. Contoh untuk dasar hukum mengapa menggunakan 410 untuk bahasa Indonesia adalah pada DDC (edisi cetak) schedule volume 2 halaman 889 option A, demikian juga untuk sastra Indonesia ada dasar hukum untuk menggunakan 810 ada pada DDC Edisi 22 Volume 3 halaman 773 - 774. Inilah yg harus dicermati banyak pihak bahwa dari pengasuh DDC (dalam hal ini OCLC) itu memberikan keleluasaan untuk menempatkan subjek bahasa dan sastra lokal pada nomor 410 dan 810 sesuai petunjuk yg ada di dalamnya. jadi gunakan DDC versi asli (yg tebal itu), bukan versi abridged karena cuma ringkasan maka penjelasannya tidak lengkap. Dan inilah yg menjadikan banyak polemik di antara para pustakawan, misalnya hendak menaruh nomor bahasa Indonesia di 410 atau di 499.221. Lha wong pengasuh DDC saja memberikan keleluasaan kok kita yg di sini pada memperdebatkannya bahkan ada (oknum) pihak-pihak tertentu yg mewajibkan memakai salah satu nomor dan menyalah-nyalahkan nomor yg lain... Sangat menggelikan.

2. Maka dari itu pada bagan e-DDC MEMBERI JALAN TENGAH untuk mengakomodasi kedua pihak spy tidak gontok-gontokan melulu, contoh untuk bahasa Indonesia boleh menggunakan 410 atau boleh juga 499.221 sebagai mana sy copy pastekan di sini:
"410 Linguistics/Linguistik
Linguistik: ilmu bahasa
Kelaskan di sini Bahasa Indonesia

Opsi pilihan: berdasarkan Schedule DDC
Edisi 22 nomor 499.221 dapat juga digunakan untuk Bahasa Indonesia"
Semoga penjelasan ini dpt bermanfaat.
NB: silakan cermati lagi DDC versi asli untuk lebih jelasnya.

Excalibur mengatakan...

yang 23 udah keluar belum bang

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bastian: insya Allah sebentar lagi..masih dalam proses verifikasi dg versi cetak

Anggi Partabrata mengatakan...

ada yang untuk mac nya gak mas?

Anonim mengatakan...

Well done, Mas...semoga ilmunya berkah untuk ummat. Terimaksih sudah berbagi. Izin download ya Mas. Jzk khoir.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: sama2, gan..terima kasih doanya..

@ Anggi: waduh, belum ada tuh mbak... btw mestinya macOS bisa baca file .chm ya?soalnya sy belum pernah pakai mac..kalau bisa, berarti e-DDCnya coba diinstal di windows sj dulu, trus file e-DDC Edition 22.chm dicopy (letak default di program files\e-DDC\e-DDC edition 22. trus coba dipaste di mac bisa enggak ya? ntar kl bisa tlg sy dikabari via blog ini :D

Tape Bakar mengatakan...

kebetulan dapet tugas mengurus buku2 yg harganya sampe 300jeti .. biasa proyek pemerintah di pedalaman buat sekolahan.. bisa membantu nih ringkas daripada pake nyang tebel tuh ..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Tape bakar: hehe..trima kasih atas dukungannya, Gan.. smoga sukses & lancar mengelola buku 300 jeti itu.. salam damai :)

Unknown mengatakan...

ada ngga yah e-ddc buat android..
kalo ada beritahu aku yah..
kan aku ngga susah-susah lagi bawa laptop ke perpustakaan gito

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Muchlish: masih diupayakan gan

Byuzputra mengatakan...

http://i1240.photobucket.com/albums/gg488/byuzputra/new/ddc_zps48bd6d9a.png?t=1377483746

mas liat gambar yg itu, apa memang benar demikian? memang kembar kah?

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bayu: oiya, gan kayaknya ada kesalahan ketik.. Maklumlah ngerjakannya sendiri, harus ngentri sebanyak itu..hehehe... Sy cek dulu di DDC cetak, ntar hasil editannya sy publish. Terima kasih banyak ya atas koreksinya :)

Rich Cope mengatakan...

is there a language option in english only

Rich Cope mengatakan...

I need in english. is there an option to change indonesian to english. please let me know. Rotmianto thumps up!!!

Rich Cope mengatakan...

please let me know if there is an option to change it to english language. Rotmianto thumps up!!!

Rich Cope mengatakan...

please let me know to hksuante@gmail.com to change it to english language. Great job Rotminto.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Khup Xwante: to change e-DDC to English is possibly, Sir. But off course it will take much time. And if you want to continue our discussion about it, please add my facebook "Rotmianto Mohamad" and don't forget to inbox me first. I've sent you an email as you request above, but I most recommended you to use facebook because I often use facebook more than email. So, do not forget to open your mail box too. Ok, thanks before :)

Enji mengatakan...

mas heeeelp, ini saya sudah proses instal. tapi suruh masukin pasword.paswordnya itu apa ya?
maturnuwuun ^^

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Enji: hehehe..kan ada di file password.txt, gan..tapi dari pada susah2, ini nih passwordnya: damai
ok selamat menggunakan. diutnggu masukan & sarannya :D

Anonim mengatakan...

saya pake mac… e-ddc belum bisa yaaaa mas? padahal butuh bgt nih :(

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ anomin: wah, maaf sampai saat ini belum bisa ke mac kayaknya, gan..terbentur biaya pengembangan dll... maklum smua serba swadana... kalau mau pake e-ddc, pindah ke window saja dulu :D

bucuk mengatakan...

Alhamdulillah, terimakasih banyak Mas, semoga Allah memberkahi kehidupan Anda..
e-DDC ini sangat membantu kami
jazakallahu khairan katsiran

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bucuk: aamiiin..terima kasih atas doa & dukungannya. sangat berarti bagi saya :)

Anonim mengatakan...

saya belum mengerti cara pakenya,,.

di kolom content bisa langsung d cari pke judul bukunya gak ???

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: cara pakainya direkomendasikan baca dulu "How to use e-DDC" & "Quick Guide e-DDC" yg dapat Anda akses dari home/tampilan awal e-DDC (pada waktu pertama kali e-DDC dibuka). selamat mencoba.

mempercantik website mengatakan...

thansk teman infonya manfaat sekali

alwaysbemyhera mengatakan...

terima kasih banyak untuk e-DDC yang ok banget, memudahkan klasifikasi bagi pustakawan dan bagi orang-orang yang sedang belajar mengklasifikasi. Sukses selalu & makin berkah ilmunya.

Salam Literasi :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ alwaysbemyhera: sama2. salam damai & salam literasi juga :)

Mugiyono mengatakan...

E-DDC sudah sangat membantu sekali dalam mempercepat pencarian nomor klasifikasi.
Sayangnya yang E-Class kok belum dishare download link-nya.
Nyari kemana-mana belum nemu juga. Yang sudah punya E-Class share dimai dong!

Posting Komentar

© 2009 "IKHLAS" | Design: Rots | Pagenav: Rotmianto Top