RSS

New Release: e-Class (baca: IKHLAS) 2021

Bismillahirrahmanirrahiim. 

Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Penyayang, kami rilis versi terbaru e-Class aka IKHLAS (dahulu e-DDC) yaitu e-Class 2021 pada Jumat, 26 Maret 2021. Sengaja memilih hari Jumat agar berkah bagi siapa saja, juga karena memang ada "sesuatu" di tanggal itu 😊 e-Class (Electronic Classification, dibaca: "Ikhlas") 2021 lebih lengkap dan akurat serta semakin sesuai dengan DDC 23 cetak. Perbedaan utama antara e-Class 2021 dengan versi sebelumnya (e-Class 2017-2020 Updated)* antara lain:

1. e-Class 2021 mengadaptasi seluruh notasi Tabel 2 Perluasan Wilayah Indonesia susunan Perpusnas RI untuk kelas peta Indonesia 912.598, geografi dan wisata Indonesia 915.98, serta sejarah Indonesia 959.8 untuk semakin memudahkan penggunaan (simak lampiran video). Jadi: e-Class 2021 terasa "lebih Indonesia"!

2. e-Class 2021 terdapat perbaikan dan penambahan yang lebih lengkap pada kelas bahasa (400-an) dan sastra (800-an).

3. e-Class 2021 mengadaptasi Tabel Periode Sastra Indonesia (juga Tabel Periode Sastra beberapa negara lain) berikut contoh penggunaan.

Tujuan e-Class 2021 adalah: (1) Agar pustakawan dan siapapun yang bergiat di perpustakaan dapat menggunakan nomor yang lebih rinci sejak dini khususnya untuk subjek-subjek yang berkaitan dengan Indonesia demi penempatan bahan pustaka yang lebih tepat di rak. (2) Untuk lebih memudahkan dan membumikan penggunaan notasi Tabel 2 Perluasan Wilayah Indonesia susunan Perpusnas RI.

Bagaimanapun tak dapat dipungkiri bahwa pengklasifikasian bahan pustaka secara baik dan benar adalah pondasi dalam me-manage perpustakaan. Tanpanya, maka akan sangat berpengaruh pada kualitas manajemen dan layanan perpustakaan selanjutnya. Demikian, semoga e-Class 2021 menjadi bagian dari solusi untuk memudahkan penentuan nomor klasifikasi berikut memudahkan pemahaman teori-teori dalam DDC bagi siapa saja yang membutuhkan, sesuai motto e-Class "Everyone can Classify". 

*NB 1: e-DDC jangan dibahas lagi deh, sudah terlalu jauuuh ketinggalannya..hehehe 😅😅

**NB 2: Bagi yang sudah memiliki buku-buku kami "The DDC Game & Understanding DDC" atau pengguna e-Class versi sebelumnya (2017-2020 Updated) silakan request. GRATIS. Bagi yang belum, silakan order buku-buku kami sebagai bentuk dukungan pada kami agar dapat terus berkarya.

Terima kasih. 

Hormat kami Team e-DDC.

NOTE: 

  1. 1. Postingan ini adalah replika dari pengumuman resmi di FB Grup e-DDC: https://www.facebook.com/groups/electronic.DDC/announcements.
  2. Dapatkan buku terbaru kami "Understanding DDC #2: Pengklasifikasian Karya Sastra Berdasarkan Skema Klasifikasi DDC" terlampir cd e-Class 2021 dengan menghubungi admin/kreator e-Class/penulis buku Rotmianto Mohamad.

Tutorial singkat e-Class 2021 Mobile (IKHLAS Android)

Dapatkan buku terbaru kami "Understanding DDC #2: Pengklasifikasian Karya Sastra Berdasarkan Skema Klasifikasi DDC" terlampir cd e-Class 2021 dengan menghubungi admin/kreator e-Class/penulis buku Rotmianto Mohamad.

7 komentar:

Library polkesDen mengatakan...

bagus mudah

Library polkesDen mengatakan...

bagus

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Library polkesDen: terima kasih supportnya. tetap semangat meng-Ikhlas-kan perpustakaan Indonesia.

Dunia Perpustakaan mengatakan...

Keren, terus berkarya untuk Rotmianto Cs :-)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

Dunia Perpustakaan: sama2. sukses-sehat selalu jg untuk anda, gan.

Anonim mengatakan...

bismillah nyoba

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@anonim: untuk mendapatkan versi yg terbaru, jgn lupa inbox fb sy Rotmianto Mohamad

Posting Komentar

© 2009 "IKHLAS" | Design: Rots | Pagenav: Rotmianto Top