RSS

e-DDC Edition 22

electronic-Dewey Decimal Classification Edition 22

Artikel lama telah dihapus admin karena dianggap sudah out of date. Silakan simak artikel-artikel terkini terkait tentang e-DDC pada link berikut:
  1. e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated,
  2. Frequently Ask Questions (pertanyaan dan jawaban yang sering muncul berkenaan dengan e-DDC),
  3. Latar belakang pembuatan e-DDC,
  4. Halaman download (untuk mendownload e-DDC dan aplikasi-aplikasi lainnya).

Demikian, terima kasih.

91 komentar:

SMP PGRI TIKUNG mengatakan...

terima kasih banyak...
semoga manfaat

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ SMP PGRI Tikung: sama2 Pak..

Anonim mengatakan...

trima kasih pa.
semoga saya bisa memanfaatkan e-ddc 22 ini dgn sebaik2nya

jipers uin jakarta '08
idub

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Jipers: sama2...mg sukses selalu

Aril Apria Susanto mengatakan...

Terima kasih banyak.
Ijin unduh...

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak atas share e-ddc 22 nya Pak Rotmianto., ini sangat bermanfaat sekali dan pastinya ditunggu-tunggu ...

salam,

Untung Bejo S.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Untung: Alhamdulillah, sama-sama mas... smg sukses selalu

Igung Gunawan mengatakan...

terimakasih banyak atas perjuangan bapak...sungguh sangat bermanfaat...

Kusairi mengatakan...

Mator sakalangkong (terimakasih)

yoodee mengatakan...

teriamkasih telah berbagi ilmu,
software ini sangat membantu..
semoga jenengan semakin bertambah ilmunya..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Igung, Kusairi, Yoodee: sama2, terima kasih juga atas dukungannya.

Mts Miftahul Khoirot Branjang mengatakan...

Terimakasih banyak
software ini sangat membantu kami.
kami tunggu karya lainya ^_^

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Miftahul: sama2, terima kasih juga telah menggunakan e-DDC Edition 22

asep wisuda guna prasetya mengatakan...

pak, share softwarenya soalnya lagi ngebenahin perpustakaan disekolah, karena saya saat ini butuh software yang free untuk merapihkan perpus. wasalam.asep.

M.Cattleya mengatakan...

Terima kasih banyak updatenya. Sangat membantu sekali. Skg klasifikasi jd lebih cepat krn karya Bapak. Saya dapat menjalankan 2 e-DDC sekaligus, yg edisi lama msh sayang buat dihapus. Mau dilihat2 dulu buat perbandingan.
Berharap akan segera ada elektronik buat kosa kata index. Mungkin akan jadi karya bapak mendatang? Terima kasih sekali lagi. Terus Berkarya Pak!

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Asep: untuk otomasi yg free bisa gunakan Senayan atau Athenaeum Light (bisa dilihat di label "Software Otomasi Perpustakaan atau di tab menu "Software Library Automation System)... Selamat mencoba & semoga sukses...Waalaikum salam

@ M. Cattleya: terima kasih telah percaya kepada e-DDC, terima kasih juga atas dukungannya. Jangan lupa, kasih masukan2 yg konstruktif selalu saya nantikan.

Edhie Wibowo mengatakan...

saya termasuk orang yang terbantu dgn e-DDC ini. e-DDC ver 22 sdh sy download. Luarbiasa. Terima kasih, sy dukung terus pengembangannya, dan berharap ke depannya akan lebih lengkap katalognya. Keep the good work, Bro! :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Edhie: ya mas, terima kasih banyak atas supportnya...

siwho mengatakan...

Mas Rotmianto: mohon koreksi untuk ditambahkan literatur berbahasa indonesia sudah ada klas sendiri (899.221), bahasa indonesia (499.221), sementara ini yang perlu dibetulkan, walau masih ada beberapa yang harus dibenahi. semoga bermanfaat. Siwho (pustakawan)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Siwho: terima kasih masukannya. Pada e-DDC Edition 22 terdapat penjelasan berikut pada klas bahasa Indonesia:
>>
410 Linguistics/Linguistik
Linguistik: ilmu bahasa
Kelaskan di sini Bahasa Indonesia*
Opsi pilihan: berdasarkan ScheduleDDC
Edisi 22 nomor 499.221 dapat juga
digunakan untuk Bahasa Indonesia

*Keterangan: berdasarkan Schedules DDC Edisi 22 Volume 2 halaman 889 Option A, nomor dasar 410 dapat digunakan untuk bahasa di negara tertentu, termasuk Bahasa Indonesia.
<<

Begitu juga untuk Literatur/sastra Indonesia terdapat keterangan serupa. Jadi, dalam DDC cetak sendiri sudah diberi opsi supaya memberikan nomor klas yg lebih luas untuk bahasa dan sastra di negara tertentu (termasuk Indonesia). Nah, coba sampeyan lihat DDC cetak (versi asli yg berbahasa Inggris) Volume 2 halaman 889 dan silakan cermati lebih lanjut Option A. BTW, terima kasih atas komennya.

SiCuterNca mengatakan...

Yes. Thanx pa buat Download GRATIS e-DDC Edition 22nya.

Sangat bermanfaat sekali bagi tugas perkuliahan saya.
untuk lebih lanjut, saya mau bertanya2 dalam hal pembuatanya. Tolong accept YM saya ya pak. Saya sdah add YM Bapak.
Trims, GBU 'n Fam.

Anonim mengatakan...

terimakasih ya mas atas freeware nya

Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya mengatakan...

Tanpa melalui testing Anda sangat layak dinobatkan sebagai Pustakawan Teladan.. terima kasih atas karya eDDC 22 ini, akan sangat membantu pustakawan di seluruh tanah air. Semoga Allah Swt mencatat sebagai ilmu yang bermanfaat. Amiin.
terima kasih..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ SiCuterNca: mohon maaf mas/mbak... YM saya lama gak aktif, jadi sudah hangus...hehehe add FB saja (jangan lupa kasih message yaaa...) 481124
@anonim: sama2
@ Kantor Arsip dan Perpusda Tasik: hehe... saya belum pantas dpt penghargaan setinggi itu pak/bu...e-DDC mah hanya tool sederhana saja, tidak lebih... :D

Anonim mengatakan...

saya sangat berterima kasih karena e-ddc sangat membantu saya dalam mengelola perpustakaan sekolah

Anonim mengatakan...

terimakasih mas, e-ddc 22nya sangat bermanfaat. saya izin copy paste di blog saya ya mas. :)

get 10 dolar now mengatakan...

wah makasih ,mas sofwarenya sangat membantu sekali

dina mengatakan...

ijin download ya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ilmu perpus, get 10 dollar, dina: ok, gan...terima kasih juga telah mendownload e-DDC edition 22. kalau ada kekurangan mohon kasih tau saya...

keluargarendra mengatakan...

e-ddcnya membantu sekali pekerjaan sebagai pustakawan,selayaknya anda dianugerahi pustakawan teladan, terima kasih, terus berkaya mengharumkan dunia perpustakaan

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Keluargarendra: terima kasih supportnya mas...tapi belum layak saya jadi pustakawan teladan....masih jauuuh...hehehe

Unknown mengatakan...

terimakasih bayak,, sungguh memudahkan kerja pustakawan.. semoga dengan adanya ini indonesia pun ternantu pendidikanya,, Amiin, semoga Allah membalas budi baik bapak?ibu.. amiin.. oya kalau Software untuk Hp lom ada ya pak...?

AllThingsRandom mengatakan...

terima kasih banyak untuk software ini, saya guru (SMP) yang kebetulan di tunjuk sebagai pengelola perpustakaan, software ini amat sangat membantu saya dalam tugas saya, walaupun saya tidak dapat menggunakannya di komputer pribadi saya (saya pengguna Mac OS). Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, untuk buku-buku fiksi terjemahan (contohnya Harry Potter) sebaiknya di masukkan dalam kelas yang mana? untuk buku dengan judul "seri penemuan" (contohnya, Penemuan Es Krim) sebaiknya dimasukkan dalam kelas yang mana? terima kasih banyak sebelumnya. Semoga Allah SWT berkenan membalas kebaikan bapak.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Le Jardiner: terima kasih kembali juga buat Bapak... waaah, akhirnya rasa penasaraan saya terjawab, akhirnya ada yg mencoba e-DDC di OS Mac, sayang hasilnya negatif...hehehehe....oiya Pak, untuk buku2 Harry Potter sebaiknya ya dimasukkan Fiksi Inggris saja. Kan si Potter keluaran Inggris (meskipun sdh diterjemahkan). Trus untuk penemuan es krim, itu tergantung...bisa masuk "penemuan" atau "es krim".. Pada dasarnya no klasifikasi dewey itu relatif kok Pak, jadi kadang2 tergantung interpretasi masing2 pustakawan/pengelola perpustakaan. Lha DDC saja menyebutnya sebagai "Index relative". dan e-DDC Edition 22 mengadaptasi DDC Edition 22 versi cetak yang diubah menjadi software untuk lebih meudahkan pengguna. Semoga jawaban ini bisa membantu. :D

dedi mulyadi mengatakan...

salam kenal mas. Terima kasih buat mas rotmianto yang sudah membantu pustakawan/pengelola perpustakaan dengan adanya e-ddc.
Kemarin saya dapet ddc ringkasan ed. 14 (dari ddc 22) kemudian saya cross check dengan e-ddc, ko ada beberapa yang beda ya?? kira2 kapan bisa distandarisasikan supaya tidak bingung. makasih.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Dedi Mulyadi: supaya diketahui ringkasan 14 dari DDC 22 itu terlalu simpel, khususnya yg berkenaan dg penomoran klasifikasi yg hubungannya dg Indonesia. pada e-DDC Edition 22, langsung menggunakan DDC versi asli edisi 22 ditambah penyesuaian untuk nomor2 yg berkaitan dg Indonesia + nomor klasifikasi 2X0 sebagai pendamping 297. namun pada e-DDC edition 22 tetap diberi opsi dan keterangan, misalnya:
no klas 410 berdasarkan Schedules DDC Edisi 22 Volume 2 halaman 889 Option A, nomor dasar 410 dapat digunakan untuk bahasa di negara tertentu, termasuk Bahasa Indonesia namun kalau masih bersikukuh menggunakan 499.221 ya silakan saja. yg jelas, apabila cuma menggunakan edisi ringkasan penjelasannya tidak lengkap (namanya juga ringkasan). dan pada intinya: DDC sendiri sangat luwes dalam memberikan opsi untuk menentukan nomor klasifikasi. tujuannya kan supaya user dapat menemukan koleksi di perpustakaan dg mudah, jadi apapun nomor yg ditentukan seorang pustakawan asal sesuai aturan dan taat asas itu tidak menjadi masalah meski bisa jadi antara satu pustakawan dg pustakawan lain berbeda intrepetasi dalam menentukan suatu nomor klasifikasi. jadi kesimpulan sementara ini DDC bukan ilmu pasti & didalamnya terdapat banyak sekali opsi pilihan yg dapat dipakai. saran: untuk membandingkan e-DDC edition 22 gunakan DDC versi lengkap 22, jangan versi ringkasan. Btw, terima kasih masukannya.

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Hatif SM: maaf klewat reply...hehehe...untuk e-DDC versi HP belum ada mas...alias belum bisa bikinnya....hehehe

gunawan mengatakan...

terima kasih Mas, blog-nya keren....sangat membantu sekali

salam kenal aja :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Gunawan: terima kasih mas

aris mengatakan...

Mksh banyak mas.... eDDC sangat2 membantu

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Aris: sama2 mas Aris..terimakasih jg telah menggunakan e-DDC Ed. 22

welly mengatakan...

terima kasih untuk updatenya, semoga sukses dan selamat berkarya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Welly: sama2 n slamat berkarya jg...

mega mengatakan...

makasih sangat membantu..,,,:)

Anonim mengatakan...

terima kasih mas , aku ikutan pakai e-DDC 22, sangat membantu, dan ndak perlu lagi bolak balik halaman buku yg super tebal ini.

salam
Tarmi ( petugas perpust.SMA Tarakanita 2 Pluit )

Yozgiee mengatakan...

Makasih mas Rotmianto..saya akan coba versi terbarunya thks..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Yozgiee: ya, sama2..

Anonim mengatakan...

Terima kasih..

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak yaa...

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak....

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: sama2...

Anonim mengatakan...

hatur nuwun pak...

D2 perpus semester 3 smp5 po. hadir..

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Mhs UT: hehehe...ok, thanks atas kehadirannya :)

Anonim mengatakan...

wah - wah, rame bener ini, pak. saya ikut bangga menjadi mahasiswanya, he. he.
ijin sedot, pak crot. maaf terlalu akrab. dari mahasiswamu

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ mahasiswa UT: hehehe, justru mmg harus akrab, I like that...lanjutkan..

maya mengatakan...

mas..ko ga bisa download yah...???

Anonim mengatakan...

Terimakasih Banyak Mas, Bermanfaat!

obignet mengatakan...

SAYA MAU TANYA PAK..SAYA INSTAL KOK PASWD damai KOK G MAU Y?

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Maya: maaf baru balas...bisa kok, coba download lagi
@ Anonim: sama2 :)
@ Obignet: passwordnya: damai

Dian mengatakan...

ok..makasih pak :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Dian: sama2 bu :)

Yena mengatakan...

terima kasih ya mas, kagum banget sama ketekunannya :D

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Yena: hehe...biasa sj kok :D...btw thanks atas dukungannya...

Ummu Annisa Rahmahh mengatakan...

Sekedar mo nanya nih P'... Bisa tidak buku yang berbeda, tapi judul sama memiliki katalog yang sama?

Anonim mengatakan...

mau tanya kalu mau download linspr yang freeware di alamat mana ya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Ummu Annisa: pada intinya setiap judul koleksi mempunyai katalog sendiri2 (catatan: judul, bukan jumlah eksemplar). jadi kalau ada buku berjudul "xyz" dg jumlah 3 eksemplar maka katalognya satu saja (biasnya dg disertai keterangan jumlah eksemplarnya). gunakan sj software otomasi spt senayan atau athenaeum unt mempermudah pengolahan koleksi
@ Anonim: mohon maaf, Linspro itu software lisensed jadi ya sy tdk tau dimana donlod gratisannya.
(NB: maaf terlambat membalas)

Odie sas mengatakan...

Oddie (KAPPDE Kota Cimahi) jazakallahu khoiron katsiro.. e-DDC buatan mas Rotmianto sgt bermanfaat sekali bagi praktisi perpustakaan.. terimakasih

Forum Perpustakaan Kampung Solo Surakarta mengatakan...

Pak Rotmianto...saya dah install, makasih...tapi kok button display pada Search nggak aktif ya???

Forum Perpustakaan Kampung Solo Surakarta mengatakan...

Mas Rotmianto...saya dah nginstall, makasih...tapi kok button Display yg disamping List Topics pada Search nggak aktif...gimana nihh ???

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Odie: sama2 gan :)
@ Keluarga Muryorejo: ah, masak sih Pak? btw mmg jarang dipakai kok button itu. mending setelah "search" langsung enter saja dan diklik pakai mouse, kan lebih mudah....:D
btw ada versi updatenya, silakan unduh dilink ini:
http://www.4shared.com/archive/pElzvH4Z/e-DDC_Edition_22.html

TanggoOne mengatakan...

Thanks bro...maju terus

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Apri: sama2 gan :)

Anonim mengatakan...

ini software udah tak unduh kemarin. kini aku sdg kerja bikin katalog dg bantuan software ini. Mohon restu ya bro? eh, usul Mas Bro.....bisa nggak ya? maunya ada fiture yg bisa menjawab setiap kita me 'klik' judul sebuah buku lalu akan muncul nomor klasifikasinya. nggak usah detail lah, pokoknya aja udah cukup. Udah ya kok jadi bawel maunya yg bukan2. untuk selanjutnya ane ucapin terimakasih buanyaaaak .....

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@anonim: wah,sayangnya kok smpyn tdk menyebutkan nama&asal...tapi gak apa2lah kujawab: unt fitur spt itu kayaknya blm ada yg buat. smntra ini software automasi (yg sy anggap) paling baik (dan free) yaitu senayan jg blm ada fitur itu. pengguna senayan juga biasanya menggunakan e-DDC sbg aplikasi pendukung. unt fitur yg dimaksud (tinggal masukkan judul dan langsung keluar nomor klas) kayaknya membutuhkan logic yg sangat rumit, berarti itu semacam aplikasi sistem pakar. kayaknya blm ada yg buat sistem pakar untuk menentukan nomer klasifikasi DDC.mohon maaf, hanya ini yg bisa sy jawab. Selamat berkarya n ssmoga sukses :)

Unknown mengatakan...

makasih sofware'a yaaaa......... bermanfaaaaaaaatttt banget..... :) :) :)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Angelica: sama2, gan :)

adli mengatakan...

Wah makasih banget nih mas, sangat bermanfaat,
berkarya terussssss...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Adli: sama2, gan... nantikan e-DDC Edition 23 lebih lengkap & akurat. Stay tune with my FB Rotmianto Mohamad

supriyanto mengatakan...

terima kasih softwarenya sangat membantu pekerjaan saya, berkarya terus untuk bangsa dan negara ini, saya asli putra gunung lawu anak kidul kali gandonggg, tak tunggu karya-karya berikutnya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Supriyanto: wah, ada anak lawu nih..btw instansi dimana, gan? kapan2 brngkl bisa kopdar unt sharing labih lanjut. add fb sy ya..jgn lupa inbox dulu (Rotmianto Mohamad). ok, see u

Unknown mengatakan...

IVAN the unexpected friend... G'luck for the 23rd e-dcc...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Bob Thomas: kok "unexpected friend"???
btw e-DDC Edition 23 kan sudah rilis sejak 26 Maret 2013, gan..monggo langsung klik "Halaman Download"

Unknown mengatakan...

terima kasih sahabat e-DDC Edition... alhamdulillah mudah - mudahan dengan e-DDC ini aku dapat mengerjakan tugaskan ku lebih praktis.

Unknown mengatakan...

terima kasih sahabat e-DDC Edition... alhamdulillah mudah - mudahan dengan e-DDC ini aku dapat mengerjakan tugaskan ku lebih praktis.

Anonim mengatakan...

salam, gimana menginstal di komputer mac, mohon bantuannya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Anonim: silakan agan baca di postingan sy yg ini (di paragraf terakhir):
http://www.e-ddc.org/2014/06/prinsip-dasar-e-ddc.html

Irfan RZ Mohammed mengatakan...

yang versi 22 nya gan? minta link downloadnya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Irfan RZ Mohammed: buat apa versi 22 sementara sdh ada yg e-DDC Edition 23 Version 3.3 Updated? e-DDC versi 22 sudah sy "lenyapkan" untuk selamanya :D
so, pakai yg baru sj.

Unknown mengatakan...

Selamat sore

Izin bertanya, kami sudah lama menggunakan DDC22, apakah jika menggunakan DDC23 harus diupdate semua yang ada?

Unknown mengatakan...

Selamat sore,

Kami sudah lama menggunakan DDC22, untuk mengubah ke DDC23 apakah yang lama di Update ke DDC23 juga?
Terimakasih

Rotmianto Mohamad mengatakan...

Pustaka UIB: maaf telat respon. sbg informasi mulai sept 2017 sudah beredar versi update dari e-ddc yaitu e-class (electronic classification).ddc22 kan sdh lama? jadi ya gunakan sj yg edisi 23 spy lbh update & akurat. info lebih update silakan join dg grup e-ddc di facebook

Posting Komentar

© 2009 "IKHLAS" | Design: Rots | Pagenav: Rotmianto Top