RSS

Beranda

About e-DDC/e-Class (IKHLAS)


Selamat datang dan salam damai buat semua. Ini adalah situs resmi freeware e-DDC (electronic-Dewey Decimal Classification), mulai tahun 2017 diupgrade menjadi e-Class Electronic Classification (baca: IKHLAS). e-DDC/e-Class dibuat sebagai alternatif untuk membantu menentukan nomor klasifikasi koleksi di perpustakaan. e-DDC/e-Class TIDAK diperjualbelikan, serta TIDAK DILARANG dan TIDAK dipungut biaya sepersen pun dalam hal pengunduhan, penggandaan maupun penyebarluasannya.


Sebagaimana kita ketahui, sampai saat ini telah banyak tersedia software/aplikasi perangkat lunak untuk sistem informasi manajemen perpustakaan atau biasa disebut dengan automasi perpustakaan yang dapat diperoleh baik dengan cara membeli (licensed software) maupun yang didapatkan dengan gratis (free software), seperti Senayan SLiMS, Athenaeum Light, Inlis, KOHA, LASer, Laris, Linspro, dan lain-lain. Namun software untuk menentukan nomor klasifikasi, khususnya DDC, sementara ini hanya tersedia yang berbayar yaitu Dewey for Windows dan WebDewey. Maka dari itu e-DDC/e-Class yang saya kembangkan sejak tahun 2009 sekiranya dapat digunakan sebagai alternatif. Keberadaan e-DDC/e-Class diharapkan dapat saling mengisi dengan software-software sistem informasi yang sudah banyak beredar tersebut. Juga diharapkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi pustakawan khususnya bagi penggiat perpustakaan yang kebetulan tidak berlatar belakang pendidikan ilmu perpustakaan yang masih kesulitan dalam menentukan nomor klasifikasi koleksi. Apabila didefinisikan secara lebih lengkap, maka e-DDC/e-Class adalah aplikasi perangkat lunak bebas berbayar (freeware) yang digunakan untuk membantu pustakawan dan penggiat perpustakaan dari berbagai latar belakang keilmuan agar lebih mudah menentukan nomor klasifikasi koleksi perpustakaan berdasarkan sistem klasifikasi DDC. Sedangkan definisi freeware adalah perangkat lunak yang bebas dijalankan, digandakan, disebarluaskan tanpa ada biaya lisensi namun tidak diperkenankan untuk melakukan pemodifikasian terhadapnya. Berdasarkan ciri dan karakteristiknya, maka e-DDC/e-Class termasuk freeware (Mayesti, Nina, dkk. Kajian Software. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010, hal. 4.4.). Pada intinya, diharapkan tidak hanya pustakawan yang nota bene berlatar belakang pendidikan formal ilmu perpustakaan saja yang dapat menggunakan e-DDC/e-Class, namun semua penggiat perpustakaan dari lintas disiplin ilmu dan yang masih belum familiar dengan Sistem Klasifikasi DDC manual pun dapat menggunakannya dengan mudah, sebagai langkah awal dalam memahami DDC secara keseluruhan. Sehingga bolehlah sekiranya e-DDC/e-Class mempunyai motto: "Everyone can classify" (siapapun bisa mengklasifikasi). Bagaimanapun, meski kini sudah ada e-DDC/e-Class untuk mempermudah pustakawan/penggiat perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi DDC, saya pribadi tetap merekomendasikan untuk menggunakan bagan asli Sistem Klasifikasi DDC (baca: DDC cetak versi terbaru) demi keabsahan penomoran. Apabila mempunyai cukup dana, disarankan pula untuk mencoba Dewey for Windows atau Webdewey. (Baca juga Frequently Asked Questions).

Akhir kata, testimoni, saran serta sumbangsih pemikiran Anda - khususnya sesama pustawakan dan penggiat perpustakaan dari latar belakang keilmuan apapun Anda - sangat diharapkan demi perkembangan e-DDC/e-Class di masa mendatang.  

[diedit oleh Admin Team e-DDC pada 14 September 2017]

10 komentar:

Babeh Tasyana mengatakan...

wah salut dengna mas rotmianto.salam kenal dari pustakawan indramayu. Semoga software e-ddc ini dapat bermanfaat. Ijinkan saya ikut mencobanya kang untuk perpustakaanku...

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Murad:
Alhamdulillah... silakan, Mas... Saya malah sangat senang kalau ada yang memakainya. Terus, apabila ada kekurangan-kekurangan dalam e-DDC itu, mohon masukannya.

wilis mengatakan...

bisakan saya ikut juga mendowload........pasti bermanfaat untuk perpustakaan saya............

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Wilis:
Ow..tentu saja bisa banget.... silakan download dan gunakan seluas2nya untuk perpustakaan Anda. Smg sukses selalu...

LITERASI INFORMASI UNTUK SEKOLAH mengatakan...

Kembangkan terus mas, kita tunggu inovasinya
( Arsidi, Ketua ATPUSI Jogja)

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@ Arsidi: ya Pak... terima kasih suppotnya

lies mengatakan...

salam kenal dari pustakawan kimia unjani, boleh minta aplikasi ikhlasnya g mas ? terima kasih sebelumnya

Rotmianto Mohamad mengatakan...

Lies: maaf telat respon. info lebih update silakan join dg grup e-ddc di facebook

hartini mengatakan...

gimana cara download ya mas

Rotmianto Mohamad mengatakan...

@hartini: simak & ikuti postingan02 sy & team e-ddc di grup fb e-ddc https://www.facebook.com/groups/electronic.DDC/

Posting Komentar

© 2009 "IKHLAS" | Design: Rots | Pagenav: Rotmianto Top